Rangkuman dan atau Kesimpulan Kerajaan Usmani di Turki dan Kerajaan Safawi di Persia


Kerajaan Usmani di Turki
     Kerajaan Turki Usmani atau Kesultanan Utsmaniyah (1299–1923) atau dikenal juga dengan sebutan Kekaisaran Turki Ottoman didirikan oleh Bani Utsman yang selama lebih dari enam abad kekuasaannya dipimpin oleh 36 orang sultan, sebelum akhirnya runtuh dan terpecah menjadi beberapa negara kecil.

 Kesultanan ini menjadi pusat interaksi antara Barat dan Timur selama enam abad. Pada puncak kekuasaannya, Kesultanan Utsmaniyah terbagi menjadi 29 propinsi. Dengan Konstantinopel (sekarang Istambul) sebagai ibukotanya, kesultanan ini dianggap sebagai penerus dari kerajaan-kerajaan sebelumnya, seperti Kekaisaran Romawi dan Bizantium. Pada abad ke-16 dan ke-17, Kesultanan Usmaniyah menjadi salah satu kekuatan utama dunia dengan angkatan lautnya yang kuat.
     Penyebab keruntuhan kerajaan itu adalah terkikisnya kekuatan secara perlahan-lahan pada abad ke-19, sampai akhirnya benar-benar runtuh pada abad 20. Pendirinya adalah penguasa-penguasa yang menganut Islam Syiah yang membangun Dinasti Safawi. Gelar dari sultan kerajaan Safawi ialah Shah.




Kerajaan Safawi di Persia
Kerajaan safawi berasal dari sebuah gerakan tarekat yang berubah menjadi gerakan politik dan berhasil mendirikan kerajaan. Gerakan ini dipimpin oleh Safi Al-Din yang merupakan keturunan dari imam ke-enam syi’ah yaitu Al-Kasim.
Pada perkembangannya kerajaan ini bersebrangan dengan kerajaan turki usmani karena perbedaan mashab.
Sebelum kemundurannya kerajaan ini mencatat prestasi diberbagai bidang diantaranya: bidang ekonomi, ilmu pengetahuan dan pengembangan fisik dan seni, sampai keruntuhannya yang disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya yaitu : dekadensi moral para pembesar istana.

Rangkuman dan atau Kesimpulan Kerajaan Usmani di Turki dan Kerajaan Safawi di Persia Rangkuman dan atau Kesimpulan Kerajaan Usmani di Turki dan Kerajaan Safawi di Persia Reviewed by Karaeng Se're on 6:28:00 AM Rating: 5

9 comments:

  1. bermanfaat gan thankss

    ReplyDelete
  2. singkat tapi jelas nih informasi kerajaannya,,

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat gan, thanks yaa

    ReplyDelete
  4. wah runtuhnya karena moral, bisa aja indonesia kyk gitu karna pemimpinnya nggak bermoral pfft, ohiya itu privacy policynya salah tuh bkn pripacy tapi harusnya privacy

    ReplyDelete
  5. artikelnya sangat mendidik bagus gan, jadi inget pelajaran sma dlu nih

    ReplyDelete